Wednesday, October 7, 2020

2 MySQL - Mengapa Pemilihan Tipe Data Itu Penting dalam Database




  • Mengapa Pemilihan Tipe Data dalam Database Memiliki Perang Penting

Karena dalam database tipe data akan menentukan seberapa besar kapasitas memory yang akan digunakan oleh database yang kita buat, jadi dengan melakukan pemilihan data yang tepat maka database yang kita buat akan menjadi lebih efisien dari segi penggunaan, penyimpanan ataupun sumber daya. 

Pemilihan tipe data yang tepat juga penting dalam meminimalisir kesalahan, misalnya ada data yang akan diinputkan berupa character tapi kita mengisikan tipe data pada field tersebut dengan integer, sehingga akan terjadi eror. Eror ini dapat membuat kita harus mengubah beberapa komponen yang ada dalam database yang kita sudah desain sebelumnya.

Tidak hanya pemilihan dalam jenis tipe data saja, kita juga perlu memperhitungkan panjang serta jenis karakter yang kita akan gunakan dalam field, misalnya ketika menginputkan umur tentu saja filed integer terlalu panjang untuk digunakan kalian bisa menggunakan tinyint misalnya untuk menghemat penggunaan memory

Memang dalam database dalam skala yang kecil penggunaan memory ini tidak akan terlalu terlihat, tetapi jika sudah terjadi load yang tinggi dan data yang besar maka akan terasa memberatkan sistem dan penyimpanan


  • Cara Memperpanjang Umur Sistem Informasi dari Disi Data 

Bias saja dengan melakukan pengupdatetan data secara berkala, sehingga sistem informasi kita tidak akan ketinggalan dari segi data yang dimiliki.

Pengaman data juga sangat penting karena data merupakan salah satu unsur dari sistem informasi, jadi dengan terjaganya data – data yang ada maka sistem informasi yang kita buat akan dapat bertahan lebih lama, karena data tersebut tersimpan dengan aman. 

Pengamanan data dapat dilakukan dengan cara menggunakan program atau software antivirus dan melakukan enkripsi data, sehhingga orang luar ataupun penyusup  tidak akan bisa mengakases data dengan mudah.

Membuat cadangan data atau back-up juga merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan guna menghindari terjadinya kehilangan data secara permanent, jadi ketika ada data yang hilang dalam sistem maka kita bias menggunakan cadangan data yang sudah ada.

Upgrade dari sistem yang ada juga diperlukan dilakukan agar sistem yang dimiliki dapat sesuai dengankebutuhan pengguna.




Ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon