Sunday, October 18, 2020

8 Mysql - Tipe-tipe Tabel yang Ada di MySQL

logo mysql

Sebelumnya saya sudah membahas mengenia Data Definition Language (DDL), sekarang saya akan membahas mengenai tipe-tipe tabel yang ada di MySQL

 

Setiap tabel yang dibuat di MySQL dapat dapat didefinisikan tipenya. MySQL mendukung beberapa tipe tabel, tergantung konfigurasi saat proses instalasi MySQL. 

 

MySQL memiliki 3 tipe data utama, yaitu MyISAM, InnoDB dan HEAP. Tipe akan dibuat sesuai dengan konfigurasi jika tidak menybutkan atau mendeklarasikan tipe tabel saat penbuatan tabel. 



Tipe-tipe Tabel di MySQL



1)    MyISAM

Tipe tabel MyISAM merupakan tipe tabel yang sederhana, stabil dan mudah digunakan. Tipe tabel ini baik digunakan Jika menyimpan data sederhana. 


Kelebihan utama MyISAM adalah kecepatan dan kestabilannya. Tipe tabel MyISAM ada tiga yaitu MyISAM static, MyISAM dymanic dan MyISAM Compressed.

a.    MyISAM static

MyISAM static digunakan ketika semua kolom dalam tabel didefinisikan dengan ukuran yang pasti, Artinya tidak ada kolom yang memiliki tipe seperti Varchar, Text dan Blob. Karena sifatnya yang pasti, maka jenis ini akan lebih cepat, aman dan stabil.


Baca Juga: Pengertian dan Tipe Data yang ada di MySQL


b.    MyISAM dymanic

MyISAM dymanic digunakan ketika terdapat kolom dengan tipe yang dinamis, seperti tipe kolom Varchar. Keuntungan utama dari jenis ini adalah ukuran yang dinamis. Jadi sifatnya lebih efektif karena ukuran data menyesuaikan isi dari masing-masing kolom.


c.    MyISAM Compressed

Kedua jenis MyISAM, static dan dynamic dapat dikompresi menjadi satu jenis yaitu MyISAM Compressed dengan perintah myisamchk. 


Tentunya hasilnya lebih kecil dari segi ukuran. Tabel yang terkompresi tidak dapat dikenakan operasi seperti Insert, Update dan Delete. 



Berikut dibawah ini adalah contoh sintak untuk menyisipkan tipe tabel MyISAM pada tabel yang akan dibuat.

CREATE TABLE pelanggan(
Id_pelanggan INT,
Nama_pelanggan VARCHAR(25),
Alamat_pelanggan VARCHAR(30))
ENGINE=MyISAM;


Kode Program Sintak tipe tabel MyISAM merupakan sintak yang digunakan untuk men-setting tipe tabel menjadi MyISAM. 

 

Sintak Tipe Tabel MyISAM
 

Gambar Sintak Tipe Tabel MyISAM merupakan tampilan dari Kode Program Sintak tipe tabel MyISAM ysng sudah dijalankan pada CMD.




2)    InnoDB

Tipe tabel InnoDB merupakan tipe tabel MySQL yang mendukung proses transaksi. Tipe ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
a.    Mendukung transaksi antar tabel.
b.    Mendukung row-level-locking.
c.    Mendukung Foreign-Key Constraints.
d.    Crash recovery.

Table dengan tipe InnoDB dapat dibuat dengan menggunakan sintak CREATE nama_tabel(nama_atribut tipe_data) ENGINE = Inno DB.


CREATE TABLE pelanggan(
Id_pelanggan INT,
Nama_pelanggan VARCHAR(25),
Alamat_pelanggan VARCHAR(30))
ENGINE=InnoDB;


Kode Program Sintak Tipe Tabel InnoDB merupakan sintak yang digunakan untuk membuat sebuah tabel dengan tipe tabel InnoDB. 

 

Sintak Tipe Tabel InnoDB Setelah Dijankan
Sintak Tipe Tabel InnoDB Setelah Dijankan

Gambar Sintak Tipe Tabel InnoDB Setelah Dijankan merupakan tampilan run yang berhasil.



 

3)    HEAP

Tabel dengan tipe HEAP tidak menyimpan datanya di hardisk, tetapi menyimpan di RAM (memori). Tipe tabel ini biasanya digunakan sebagai tabel sementara (temporary). Tabel secara otomatis akan dihapus (hilang) dari MySQL saat koneksi ke server diputus atau server MySQL dimatikan.

CREATE TABLE pelanggan(
Id_pelanggan INT,
Nama_pelanggan VARCHAR(25),
Alamat_pelanggan VARCHAR(30))
ENGINE=HEAP;


Kode Program 2.3 Sintak Tipe Tabel HEAP adalah sintak yang dapat digunakan untuk mengganti tipe tabel menjadi HEAP. Setelah sintak tersebut dijalankan pada MySQL makan tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Sintak Tipe Tabel HEAP Setelah Dijalankan
Sintak Tipe Tabel HEAP Setelah Dijalankan

Gambar Sintak Tipe Tabel HEAP Setelah Dijalankan merupakan tampilan darin sintak yang digunakan untuk men-setting engine tabel menjadi HEAP.


Baca Juga: Jenis - jenis Key atau Kunci dalam Relational Database 

 

 

4)    BDB

Tipe tabel ini mirip tipe tabel InnoDB, namun penggunaannya belum maksimal, sehingga jarang digunakan.


 

 

5)    Archieve

Tipe tabel ini tersedia sejak MySQL versi 4.1. Tipe tabel ini digunakan untuk menyimpan tabel yang terkompresi, dimana biasanya digunakan dalam proses backup.

 

 

 

6)    CSV

Tipe tabel ini digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk file text yang dibatasi dengan koma (delimiter). Tipe ini tersedia sejak MySQL versi 4.1.



komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon