Sunday, October 11, 2020

5 MySQL - Jenis - jenis Key Atau Kunci dalam Relational Database

Logo Mysql


Key atau kunci adalah satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris pada data dalam suatu tabel secara unik, artinya jika suatu atribut dijadikan sebuah key maka tidak boleh ada baris data yang mempunyai nilai yang saman untuk atribut tersebut

Fungsi key dapat dikatakan sebagai index atau kunci utama ketika kita akan mencari data dalam sebuah database. key yang disebutkan diatas memilki beberapa bagian yaitu:


Key Pada Relational Database


1) Super Key

Satu atau lebih atribut yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah tabel secara unik. Bisa jadi ada lebih dari satu kumpulan atribut yang yang bersifat super key dalam sebuah tabel. Contoh super key misalnya: Nim, Nama, alamat, Tgl_lahir.

2) Candidate Key

Merupakan kumpulan atribut minimal yang dapat membedakan setiap baris dalam sebuah tabel secara unik. Sebuah candidate key tidak boleh berisi atribut atau kumpulan atribut yang telah menjadi superkey yang lain, contoh: nim, nama(jika tidak ada nilai yang berulang didalamnya).

3) Primary Key

Primary Key adalah atribut merupakan candidate key yang telah dipilih untuk mengidentifikasi setiap record secara unik. 

Primary Key harus merupakan atribut yang benar-benar unik dan tidak boleh ada nilai NULL. Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Contoh: NIM.

4) Alternate Key

Alternate Key adalah primary key yang tidak terpilih. Misal : dalam suatu entitas terdapat dua atribut yang bisa dijadikan sebagai primary key. 

Sementara yang boleh dijadikan primary hanya satu, maka kita harus memilih salah satu. Atribut yang dipilih, disebut primary key. sedangkan atribut yang tidak dipilih disebut dengan alternate key. 

Contohnya misalkan ada no_ktp dan NIM dalam sebuah tabel, maka kedia atribut tersebut dapat dijadikan sebagai primary key, namun hanya ada satu primary key dalam sebuah tabel jadi harus dipilih salah satu saja.

5) Foreign Key

Jika sebuah primary key terhubungan ke tebel lain, maka keberadaan primary key pada tersbut di sebut sebagai foreign key. 

Foreign key adalah atribut dalam satu relasi yang digunakan untuk menunjuk ke suatu baris pada relasi yang lain, jadi foreign key ini digunakan untuk membuat sebuah relasi yang trerjadi antara tabel A dengan tabel B, dimana ketika tabel A memebuat sebuah relasi dengan tabel B maka di tabel B primary key tabel A akan menjadi foreign key di tabel B.

6) Composite Key

Composite Key adalah key yang terdiri dari dua atau lebih atribut yang secara unik mengidentifikasi suatu entitas. 

Setiap atribut yang membentuk key senyawa adalah key sederhana. Composite key terjadi karena dalam sebuah tabel tidak ditemukannya sebuah primary key, jadi agar tidak melakukan pembuatan primary key baru maka dibuatlah sebuah composite key yaitu biasanya merupakan gabungan dari dua buah foreign key,  sehingga tidak ada data yang sama yang akan dimunculkan.




komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon