Saturday, October 24, 2020

12 MySQL - Data Manipulation Language

logo mysql

 

 

Apa Itu Data Manipulation Language

Data Manipulation Language (DML) merupakan merupakan perintah-perintah yang memungkinkan pengguna melakukan akses dan manipulasi data sebagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat.

 

Data Manipulation Language digunakan untuk memanipulasi database yang telah didefinisikan dengan DDL. Berikut ini adalah perintah yang termasuk DML.

 

Baca Juga: Contoh Studi Kasus Penerapan DDL dan Relasi

 

1)    INSERT

Insert adalah salah satu perintah dalam SQL yang digunakan untuk menambah record atau menyisipkan nilai dalam sebuah tabel. Perintah insert yang terdapat dalam SQL adalah sebagai berikut.

a.    Insert Into

Insert into adalah perintah yang digunakan untuk menyisipkan data kedalam sebuah tabel. Dalam perintah insert into pemasukan data dapat dilakukan dengan penyebutan nama-nama kolom yang akan dimasukan data diikuti dengan data yang akan dimasukan. 

 

Namun jika sudah diketahui urutan kolom dengan data yang akan dimasukan, maka tidak perlu lagi untuk menyebutkan nama kolom tetapi data yang dimasukan harus berurutan sesuai dengan urutan kolomnya.


INSERT INTO anggota
(id_anggota,nama_anggota,alamat_anggota,no_telp,jenis_kelamin)
VALUES (001,'wayan','Jl. kelod','085738756690','1');


Kode Program Insert Into 1 merupakan perintah untuk memasukann data kedalam sebuah tabel dengan menyebutkan nama-nama kolom yang sudah ada dalam sebuah tabel. 


Penyebutan nama kolom dilakukan agar tidak terjadi kesalahan pemasukan data, karena pengguna tidak mengetahui urutan kolom yang ada dalam tabel.
 

Insert Into 1
Insert Into 1

 

Gambar Insert Into 1 merupakan tampilan dari Kode Program Insert Into 1 yang sudah dijalankan . dalam tabel sudah tampak data sudah terisi sesuai dengan urutannya.



INSERT INTO anggota
VALUES (002,'desi','Jl. kangin','085738889776','2');


Kode Progam Insert Into 2 merupakan perintah yang digunakan untuk memasukan nilai dalam kolom tabel, namun tanpa menyebutkan nama kolom yang akan dimasukan data, ini dilakukan karena pengguna sudah mengetahui urutan kolom yang ada dalam tabel yang dibuat.
 

Insert Into 2
Insert Into 2

Gambar Insert Into 2 merupakan tampilan dari Kode Program Insert Into 2 yang sudah dijalankan. tabel tersebut sudah memiliki data sama seperti Gambar Insert Into 1 dan urutannya sudah sesuai.



b.    Insert Select

Insert Select adalah perintah yang digunakan untuk memilih atau meng-copy data dari tabel lain dan memindahkannya ke tabel tujuan.


INSERT INTO
anggota (nama_anggota,alamat_anggota,no_telp) 
SELECT nama_anggota,alamat_anggota,no_telp FROM data;


Kode Program Insert Select merupakan perintah yang digunakan untuk meng-copy data nama_anggota, alamat_anggota, no_telp dari tabel data ke tabel anggtoa sesuai dengan kolom.
 

Insert Select
Insert Select

Gambar Insert Select merupakan tampilan dari Kode Program Insert Select yang sudah dijalankan. dalam tabel sudah tampak data sudah terisi sesuai dengan data yang di-copy dari tabel data namun beberapa kolom belum memiliki data karena data yang di-copy tidak berisikan semua data yang ada dalam kolom.



c.    Insert Ignore

Insert Ignore merupakan sintak yang digunakan untuk memasukan data kedalam sebuah tabel ketika data perimay key yang ada dalam data yang akan dimasukan tidak ada sebelumnya dalam tabel. Jika data sudah ada dalam tabel maka perintah Insert akan diabaikan dan data tidak akan dimasukan


INSERT IGNORE INTO anggota 
VALUES(3,'man','jl.menek','085738123456','1');


Kode Program Insert Ignore merupakan perintah yang digunakan untuk memasukan data ke dalam kolom pada tabel anggota jika data yang menjadi primary key yang akan dimasukan sebelumnya tidak tersedia pada tabel anggota
 

Insert Ignore
Insert Ignore


Gambar Insert Ignore merupakan tampilan dari Kode Program Insert Update yang sudah dijalankan. pada percobaan pertama insert dilakukan dengan mamasukan data yang primary key-nya sudah ada sebelumnya di tabel, dan hasilnya tidak ada data yang masuk ke tabel. 

 

Pada percobaan kedua data yang dimasukan memilki primary key yang berbeda walaupun data didalamnya masih sama dan hasilnya data yang dimasukan berhasil tersimpan.



d.    Insert Update

Insert Update merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan perintah insert untuk memperbaharui data yang ada, jadi perintah ini digunakan untuk memperbaharui data yang sudah ada dalam tabel sebelumnnya.

INSERT INTO 
anggota (id_anggota,nama_anggota,no_telp,jenis_kelamin)
VALUES (002,'desi','085738889776','2')
ON DUPLICATE
KEY UPDATE alamat_anggota='jl.jepun';


Kode Program Insert Update merupakan perintah yang digunakan untuk memasukan data ke dalam kolom pada tabel anggota jika akan melakupan peng-update-an pada kolom alamat_anggota pada tabel anggota.
 

Insert Update
Insert Update

Gambar Insert Update merupakan tampilan dari Kode Program Insert Update yang sudah dijalankan.  Update akan dilakukan pada kolom alamat_anggota saat data yang di-input-kan sesuai dengan yang ada pada tabel. Pada tampilan tabel pertama alamat_anggota masih di Jl.kangin, sedangkan pada tabel kedua alamat_anggota sudah berubah menjadi Jl.jepun.


Baca Juga:


2)    UPDATE

Update merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pembaharuan data pada sebuah tabel yang datanya sudah ada. 


Poses ini dilakukan dikarenakan adanya pemasukan data yang keliru. Proses update tidak menambah data baru pada tabel namun mengganti atau memperbaiki data yang sudah ada. 

 

Perubahan pada update bersifat permanen jadi saat data sudah di-update maka tidak bisa di-cancel, jadi jika ingin mengembalikan data yang lama atau salah saat melakukan update harus memasukan data yang lama kembali, berikut ini adalah sintak update.

a.    Update Set

Update Set merupakan perintah dasar yang biasa digunakan untuk melakukan pembaharuan data, update set bisa dikatakan sebagai sintak dasar dari perintah update.


UPDATE anggota SET alamat_anggota='jl.biru';


Kode Program update Set merupakan perintah yang digunakan untuk memelakukan peng-update-an pada kolom alamat_anggtoa pada tabel anggota.
 

Update Set
Update Set

Gambar Update Set merupakan tampilan dari Kode Program Update Set yang sudah dijalankan. Update akan dilakukan pada kolom alamat_anggota, namu karena tidak ada pembatasan atau kondisi tertentu untuk melakukan update maka semua data yang ada dalam tabel akan ikut di-update.



b.    Update Set dengan Klausa Where

Update Set dengan Klausa Where merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pembaharuan data namun dengan kondisi tertentu. Ini dilakukan agar tidak adanya kekeliruan seperti Gambar 1.6 Update Set, dimana semua data yang ada diperbaharui.

UPDATE anggota SET alamat_anggota='jl.putih' 
WHERE id_anggota='2';

 

Kode Prorgam Update Set dengan Klausa Where merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pembaharuan data pada tabel anggota kolom alamat_anggota saat id_anggota=’2’.
 

Update Set dengan Klausa Where
Update Set dengan Klausa Where


Gambar Update Set dengan Klausa Where merupakan tampilan perintah Update yang sudah dijalankan. Update ini berfungsi untuk melakukan Update pada kondisi tertentu, pada Gambar Update Set dengan Klausa Where dilakukan pada kolom dengan id_anggtoa=’2’ yang di-update adalah alamat anggota dari jl. Biru menjadi Jl.putih.




3)    DELETE

Delete merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan penghapusan data yang sebelumnya sudah ada, ini dikarenakan ada kesalahan dalampemasukan data sehingga data yang dimasukan tidak digunakan dan harus dihilangkan.  

 

Perubahan yang terjadi pada proses delete bersifat permanen jadi jika perintah sudah dijalankan maka tidak dapat mengembalikan data yang sudah dihapus.

a.    Delete Where

Delete Where adalah perintah yang digunakan untuk melakukan penghapusan data yang penghapusan datanya dilakukan hanya dalam kondisi tertentu.

DELETE FROM data WHERE id_data='0';

 

Kode Program Delete Where digunakan untuk meghapus data pada tabel data dimana jika id_data yang ada pada kolom id_data bernilai 0.
 

Delete Where
Delete Where

Gambar Delete Where merupakan hasil setelah kode program Kode Program delete where dijalankan, dimana pada gambar tersebut terlihat awalnya ada kesalahan pemasukan data sehingga kolom yang terisikan data hanya kolom jenis_kelamin, selanjutnya setelah sintak tersebut dijalankan maka baris yang kolomnya hanya berisikan jenis kelamin saja telah hilang.



b.    Delete Like dan Not Like

Delete Like dan Not Like merupakan sintak yang digunakan untuk menghapus data sesuai dengan ketentuan atau kondisi, sama seperti Where. 

 

Bedanya perintah delete ini bisa digunakan untuk mengambil beberapa bagian dari nilai kolom. Delete like digunakan untuk menghapus data yang berada  dalam kondisi, sedangkan delete not like digunakan untuk menghapus data yang bukan merupakan kondisi yang ditentukan.

DELETE FROM data WHERE
alamat_anggota LIKE '%i%';

 

Kode program Delete Like digunakan untuk menghapus data yang kolom alamat_anggotanya berisikan nilai ‘i’.
 

Delete  Like
Delete  Like

Gambar Delete Like merupakan hasil dari Kode program Delete Like  yang telah dijalankan, dimana pada gambar tersebut semua data yang ada pada kolom alamat_anggota yang memiliki huruf ‘i’ terhapus.

DELETE FROM data WHERE
alamat_anggota NOT LIKE '%i%';

 

Kode program Delete Not Like merupakan perintah yang digunakan untuk menghapus data dari tabel data yang datanya tidak berisikan huruf  ‘i’.
 

Delete Not Like
Delete Not Like
    
Gambar Delete Not Like merupakan hasil dari Kode Program Delete Not Like yang sudah dijalankan, dimana data yang terhapus adalah data yang tidak berisikan huruf ‘i’ didalamnya.




4)    SELECT

Select merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan data yang sudah di-input-kan sebelumnya pada tabel-tabel yang sudah dibuat. Perintah ini tidak bisa digunakan untuk merubah nilai yang sudah ada dalam tabel.

a.    Select From

Select From digunakan untuk menampilkan semua data yang ada dalam database yang sudah dibuat.

SELECT *FROM anggota;


Kode Program Select From merupakan perintah yang dapat digunakan untuk menampilkan semua data yang ada dalam tabel anggota.
 

Select From
Select From

Gambar Select From merupakan perintah Kode Program Select From yang sudah dijalankan. Data yang ditamplkan merupakan semua data yang berada di dalam tabel anggota.



b.    Select From untuk memilih kolom tertentu

Select From ini sama digunakan untuk menampilkan data yang ada dalam sebuah tabel, hanya saja data yang ditampilkan sesuai dengan keinginan kita, jadi data yang ditampilkan dibatasai.


SELECT nama_anggota, alamat_anggota, no_telp FROM anggota;


Kode Program Select From kolom tertentu merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan data nama_anggota, alamat_anggota, no_telp dari tabel anggta.
 

Select From kolom tertentu
Select From kolom tertentu

Gambar Select From kolom tertentu merupakan tampilan setelah Kode Program Select From kolom tertentu dijalankan, dimana data yang ditampilkan hanya data yang telah dipilih dalam Select.


Baca Juga: Data Definition Language (DDL) | Contoh dan Gambar


c.    Select From menampilkan kolom tertentu dengan nilai tertentu

Select From ini merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan data yang ada dalam sebuah kolom dengan batasa nilai tertentu dari kolom tertentu


SELECT nama_anggota, alamat_anggota FROM anggota 
WHERE jenis_kelamin=1;


Kode Program Select From menampilkan kolom dengan nilai tertentu digunakan untuk menampilkan kolom nama_anggota dan alamat_anggota dari tabel anggota saat jenis_kelamin = 1 atau laki-laki.
 

Select From menampilkan kolom dengan nilai tertentu
Select From menampilkan kolom dengan nilai tertentu

Gambar Select From menampilkan kolom dengan nilai tertentu merupakan tampilan setelah Kode Program  Select From menampilkan kolom dengan nilai tertentu tertentu dijalankan, dimana yang tampil ada data nama_anggota dan alamat_anggota yang memiliki jenis kelamin=1 atau laki-laki.

 

 

d.    Select Order By

Select Order By digunakan untuk menampilkan data secara terurut sesuai dengan kolom yang dipilih sebagai acuan pengurutan.

SELECT *FROM anggota WHERE jenis_kelamin=1 ORDER BY no_telp;

 

Kode Program Select Order By merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan data secara terurut, data yang ditampilkan adalah data yang memilki jenis kelamin laki-laki yang diurutkan dengan nomor telepon.
 

Select Order By
Select Order By


Gambar Select Order By merupakan tampilan Kode Program Select Order By yang sudah dijalankan, sehinggan menampilkan data yang terurut sesuai dengan urutan nomor telepon dari nilai terkecil ke terbesar.



e.    Select Ascending dan Descending

Select Ascending dan Descending digunakan untuk melakukan pengurutan, Ascending digunakan untuk mengurutkan data dari yang nilainya terkecil kenilai terbesar, sedangkan Descending digunakan untuk mengurutkan data dari nilai yang terbesar ke nilai terkecil.


SELECT *FROM anggota ORDER BY no_telp ASC;


Kode Program Select Ascending merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pengurutan data dari nilai terkecil ke nilai terbesar dengan kolom nomor_telepon.
 

Select Ascending
Select Ascending


Gambar Select Ascending merupakan tampilan Kode Program Select Ascending yang sudah dijalankan, sehingga menampilkan data yang terurut sesuai dengan urutan nomor telepon dari nilai yang terkecil ke nilai yang terbesar

 

SELECT *FROM anggota ORDER BY no_telp DESC;

 

 Kode Program Select Descending merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pengurutan data dari nilai terbesar ke nilai terkecil dengan kolom nomor_telepon.
 

Select Descending
Select Descending

Gambar Select Descending merupakan tampilan Kode Program Select Descending yang sudah dijalankan, sehingga menampilkan data yang terurut sesuai dengan urutan nomor telepon dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil.




komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon