Thursday, August 27, 2020

Pengertian Paragraf | Jenis-Jenis Paragraf | Kesalahan dalam Penulisan Paragraf | Syarat Penyusunan Paragraf | Contoh Analisa Lengkap

ilustrasi paragraf


Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas secara lengkap mengenai paragraf dan penjelasannya dan akan disertakan dengan contohnya secara lengkap pula, materinya akan dibahas mengenai

Pengertian Paragraf | Jenis-Jenis Paragraf | Kesalahan dalam Penulisan Paragraf | Syarat Penyusunan Paragraf | Contoh Analisa Lengkap 

 


Pengertian Paragraf

Paragraf atau alenia merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antar kalimat satu dengan kalimat yang lain. Paragraf juga disebut sebagai karangan singakt, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atau tema pembicaraan.


Dalam satu paragraf terdapat beberapa bentuk kalimat, kalimat – kalimat itu ialah kalimat pengenal, kalimat utama(topik), kalimat penjelas, dan kalimat penutup, kalimat – kalimat ini tersusun menjadi satu kesatuan yang dapat membentuk suatu gagasan, jadi bisa dibilang paragraf merupakan gabungan dari kalimat yang memiliki keterkaitan atau koherensi dengan kalimat – kalimat pendukung yang mendukung topik hingga membentuk sebuah paragraf.


Baca Juga:



Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah tulisan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan seseorang atau sebuah tim dengan memnuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.


Dalam penulisan karya ilmiah salah satu kaidah yang perlu diperhatikan adalah dalam penggunaan dan penyusunan paragrapf, dalam penulisan karya ilmiah penulisan paragraf mempunyai aturan baku. 


Kadang tidak sedikit ditemui dalam sebuah karya tulis ilmiah masih banyak ditemui karya tulis yang memenuhi kriteria paragraf karya tulis ilmiah. Dari pernyataan diatas, penulis dalam karya tulis ini akan mengkaji sebuah karya tulis ilmiah yang berjudul “Aplikasi Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Android”.


Dalam pengkajian karya tulis ilmiah ini penulis hanya membatasi membahas mengenai penggunaan paragraf dalam karya ilmiah tersebut. Contoh karya tulis yang akan penulis kaji sudah terlampir.



Syarat Penyusunan Paragraf

Kesatuan

Sebuah paragraf hanya mengandung satu ide pokok atau satu tema. Ide pokok ini dengan jelas dinyatakan melalaui kalimat topik. Kalimat penjelas yang digunakan sebagai pengembangan tema harus senantiasa mendukung kalimat topik. 


Oleh karena itu, dalam pengembangannya tidak boleh terdapat unsur – unsur yang sama sekali tidak berhubungan dengan satu tema atau ide pokok atau munculnya ide pokok baru, satu paragraf hanya boleh terdiri dari satu gagasan pokok atau tema


Koherensi

Koherensi atau kepaduan adalah dititkberatkan pada hubungan antarkalimat. Oleh karena itu, satu paragraf bukanlah merupakan kumpulan kalimat yang masing – masing berdiri sendiri, melainkan dibangun oleh kalimat yang mempunyai timbal balik.


Dalam membangun hubungan timbal balik ini perlu diperhatikan unsur kebahasaan yang digambarkan dengan a. repetisi atau pengulangan, b. kata ganti, dan c. kata transisi atau ungkapan penghubung.


Pengembagan

Ide pokok sebuah paragraf akan jelas apabila diperinci dengan ide – ide penjela. Jika tidak demikian, maka paragraf itu hanya dibangun oleh satu buah kalimat. Hal ini tentu tidak sesuai dengan pengertian paragraf dimana suatu paragraf hasrus didukung oleh kalimat penjelas.


Baca Juga:

 

 

Jenis – Jenis Paragraf

Berdasarkan letak kalimat topiknya paragraf dapa lagi dibagi menjadi:

Paragraf Deduktif 

Paragraf yang diawali dengan menggunakan ide pokok sehingga kalimat   pertama merupakan kalimat topik. Kemudian, kalimat – kalimat berikutnya berfungsi menjelaskan ide pokok, kalimat – kalimat berikutnya berfungsi menjelaskan ide pokok 

 

Paragraf Induktif  

Paragrapf induktif merupakan paragraph yang letak kalimat utamanya di akhir paragraph, rangkaian kalimat awal pada paragraph merupakan penjelasan dari ide pokok
 

Paragraf Campuran

Pada jenis paragraf ini kalimat topik diletakan pada awal dan akhir paragraph, kalimat topik pada bagian akhir paragraph mrupakan sebagai penegas dari kalimat topik diawal paragraph.

Paragraf Tersirat

Paragraf jenis ini tidak mempunya kalimat topik, hal ini berarti bahwa pikiran utama tersebar pada seluruh kalimat yang membangun paragraph tersebut.


Berdasarkan sifat isinya jenis paragraf dapat lagi dibagi menjadi:

Paragraf Argumentasi

Yaitu paragraf yang isinya disertai alasan – alasan, contoh – contoh, dan bukti – bukti yang meyakinkan sehingga pembaca akan membenarkan isi paragraph tersebut.


Paragraf Narasi

Yaitu paragraf yang berisi cerita yang menyajikan suatu peristiwa atau kejadian serta bagaimana peristiwa berlangsung sesuai dengan ururtan waktu


Paragraf Persuasi 

Yaitu paragraph yang bertujuan meyakinkan seseorang untuk melakukan yang dikehendaki penulis.

Paragraf Eksposisi

Paragraf yang isinya bertujuan memberikan informasi tentang sesuatusehingga bias memperluas pengetahuan pembaca.


Paragraf Deskripsi.

Yaitu paragraf yang isinya melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata – kata yang dapat merangsang indra pembaca.



Contoh Paragraf dalam Karya Tulis Ilmiah

Hasil analisa secara kualitatif

Paragraf

“Sampah masih menjadi permasalahan besar untuk Indonesia. Ribuan sampah terkumpul tiap harinya, mulai dari sampah rumahan dan sampah industri. Di Denpasar Bali diperkirakan sampah mencapai 2.700 meter kubik/hari dan pemerintah mulai kesulitan dalam menangani jumlah sampah yang semakin meningkat setiap harinya.[5] Dengan ini harus ada strategi untuk menanggulanginya, agar dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah, dan hal ini dapat membantu kinerja pemerintah dalam menangani permasalahan tersebut. Salah satu solusi yang ada yaitu dengan dibentuknya Bank sampah. Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan, tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. [3]”

  • Topik yang dibahas paragraph diatas adalah sampah
  • Dari hasil analisa paragraph diatas meletakan topik utamanya di awal paragraph sehingga paragraph diatas merupakan jenis paragraph deduktif, ide pokok dari paragraph diatas adalah “sampah masih menjadi masalah besar di Indonesia”
  • Lalu berdarsarkan sifat dan isinya paragraph diatas merupakan paragraph argumentasi karena pragraf diatas berisikan bukti – bukti seperti “Di Denpasar Bali diperkirakan sampah mencapai 2.700 meter kubik/hari dan pemerintah mulai kesulitan dalam menangani jumlah sampah yang semakin meningkat setiap harinya”.
  • Koherensi menggunakan
    • Pengulangan: sampah
    • Kata ganti:  nya
  • Pengembahangn paragraph diatas menggunakan pola umum ke khusus, pertama dalam pragraf tersebut diceritakan kondisi sampah di Indonesia, selanjut di spesifikkan lagi dengan kondisi sampah di bali.


Paragraf

Saat ini Bank Sampah telah berkembang dihampir seluruh Indonesia, salah satunya yaitu Bank Sampah Bali Wastu Lestari merupakan salah satu kelompok lingkungan hidup bergerak dalam bidang kesehatan lingkungan yang ada di Bali. Bank Sampah Bali Wastu Lestari telah membina bank sampah di 9 (Sembilan) kabupaten yang ada di Bali. [4] Akan tetapi dalam pengelolaan datanya, Bali Wastu Lestari sendiri masih menggunakan cara manual untuk pengolahan data sampah. Hal itu dirasakan kurang efektif dan tidak efisien. Selama ini pengolahan data yang dilakukan dengan cara manual sering menyebabkan kesalahan pencatatan data barang, data nasabah, data transaksi menabung maupun transaksi penarikan uang. Maka dari itu pihak bali wastu memerlukan sebuah sistem terkomputerisasi yang dapat mengatasi segala masalah tersebut.

  • Toipik yang dibahas adalah bank sampah
  • Kalimat utama pada paragraph diatas adalah ” Saat ini Bank Sampah telah berkembang dihampir seluruh Indonesia, salah satunya yaitu Bank Sampah Bali Wastu Lestari merupakan salah satu kelompok lingkungan hidup bergerak dalam bidang kesehatan lingkungan yang ada di Bali”,
  • Bersarkan letak kalimat utamanya paragraph diatas merupakan paragraph deduktif karena kalimatnya terletak di awal paragraph
  • Koherensi
    • Pengulangan : bank sampah,
    • Kata ganti: nya
  • Paragaraf diatas dikembangkan menggunakan bentuk lekuk
  • Berdasarkan sifat dan isinya paragraph diatas merupakan jenis pragraf narasi.
  • Pengembahangn yang digunakan adalah umum ke khusus


Paragraf

“Salah satu pemanfaatan teknologi yang banyak digunakan dewasa ini adalah smartphone(telepon pintar). Smartphone banyak dipilih karena memiliki banyak keunggulannya antara lain yaitu tampilan layar yang di desain menarik, processor yang selalu berkembang, konektivitas dan kapabilitas multimedia. Salah satu keunggulan smartphone yang dikembangkan khususnya sebagai alat untuk menyebarkan informasi. Sistem operasi android merupakan sistem operasi yang berkembang, karena salah satu keunggulan sistem operasi android yaitu software yang bersifat open source(membuka/membebaskan source code untuk dilihat oleh orang lain agar dapat mengetahui cara kerja software tersebut sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software), sehingga pengguna dapat membuat aplikasi yang baru bahkan dapat memodifikasi hingga menjadi aplikasi yang lebih sempurna. Android juga pilihan yang sangat tepat untuk membangun sebuah aplikasi dengan memanfaatkan web service untuk melakukan proses pertukaran data, komunikasi data dan untuk sinkronisasi data antar sistem yang telah ada.”

  • Topik yang dibahasa pada paragraph diatas adalah smartphone
  • Kalimat utama paragraph diatas adalah “Salah satu pemanfaatan teknologi yang banyak digunakan dewasa ini adalah smartphone(telepon pintar).”
  • Paragraph diatas merupakan jenis pragraf deduktif karena paragraph diatas meletakkan kalimat utamanya di awal pargaraf
  • Paragraph diatas dikembangkan dengan bentuk lekuk
  • Kohenrensi
    • pengulangan: smartphone
    • Kata ganti: nya
  • Berdasarkan sifat dan isinya paragraph diatas merupakan jenis paragraph narasi
  • Pengembangan paragraph diatas menggunakan pengembangan umum ke khusus

 

Paragraf

Pengguna aplikasi yang pertama yaitu admin dari pihak Bank Sampah akan dipermudah dalam mengerjakan segalajenis pengolahan data yang diperlukan antara lain menginput data kategori item, data item, data nasabah, transaksi menabung/penyetoran sampah, transaksi penarikan uang, dan melihat list broadcast ketersediaan sampah dari nasabah. Pihak Pengguna kedua yaitu dari pihak nasabah akan dipermudah dalam memperoleh akses informasi terbaru tentang katalog item pada bank sampah mencakup harga sampah, broadcast ketersediaan sampah dan jenis sampah yang bisa di tabung di bank sampah. Selain itu nasabah juga dapat melihat histori segala transaksi yang pernah dilakukannya. Semua informasi tersebut dapat diakses secara real time oleh nasabah cukup melalui smartphone android yang dimilikinya.”

  • Topik yang dibahas pada paragraph diatas adalah penggunaan aplikasi bank sampah
  • Tidak ditemukan kalimat utama dalam paragraph ditas
  • Berdasrkan hal tersebut maka paragraph diatas merupakan jenis paragraf tersirat
  • Paragraf diatas dikembangkankan menggunakan bentuk lekuk
  • Koherensi
    • Pengulangan: bank sampah
  • Berdasrkan sifat dan jenisnya paragraph diatas merupakan paragraph narasi


Paragraf

Saat ini Bank Sampah telah berkembang di hampir seluruh Indonesia. Di Bali sendiri terdapat kelompok bank sampah yaitu Bali Wastu Lestari yang telah berkembang di 9 kabupaten dengan jumlah bank sampah sebanyak 59 bank sampah. Akan tetapi dengan banyak bank sampah yang tersebar khususnya wilayah Denpasar, masih banyak yang tdak mengetahui keberadaan bank sampah. Dari total 630 ribu jiwa penduduk Kota Denpasar baru sekitar 900 jiwa yang tergabung sebagai nasabah. [4] Hal ini disebabkan karena tidak ada informasi dan sistem yang menarik minat masyarakat untuk manjadi nasabah bank sampah. Selain itu bank sampah masih menggunakan sistem yang masih menggunakan cara manual untuk pengolahan data sampah. Hal itu dirasakan kurang efektif dan tidak efisien. Selama ini pengolahan data yang dilakukan dengan cara manual sering menyebabkan kesalahan pencatatan data barang, data nasabah, data transaksi menabung maupun transaksi penarikan uang. Maka dari itu pihak bank sampah memerlukan sebuah sistem terkomputerisasi yang dapat mengatasi segala masalah tersebut.

  • Topik pada paragraph diatasadalh tentang perkembangan bakn sampah di Indonesia
  • Kalimat utama dalam paragraph diatas adalah “Saat ini Bank Sampah telah berkembang di hampir seluruh Indonesia.”
  • Jenis paragraph diatas adalah paragraph desuktif karena kalita utamanya berada di awal paragraph
  • Paragraph diatas dikembangkan dengan bentuk lekuk
  • Koherensi
    • Pengulangan: bank, sampah
    • Kata ganti: nya
  • Berdasrkan jenis dan sifatnya paragraph diatas merupakan umum ke khusus
  • Paragraph diatas dikembangkan dengan pengembangan umum ke khusus

Hasil analisis secara kuantitatif:

  • Dari hasil analisis karaya tulis ilmiah yang berjudul “Aplikasi Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Android” teridiri dari 28  paragraf.
  • Dari ke 28 jumlah paragaraf yang ada hampir semuanya menggunakan jenis paragraph deduktif yaitu sebanyak 15 paragraf. Sedangkan sisanya merupakan paragraph tersirat dimana tidak terdapat topik utamanya
  • Dari semua pargaf yang ada dalam karya tulis yang dianalisa semua paragraph dikembangkan dalam bentuk lekuk
  • Berdasarkan jenis dan sifatnya paragraph diatas merupakan paragraph narasi
  • Dari sampel yang telah diambil pragraf yang digunakan dikembangkan dengan pengembangan umu ke khusus.

 

Ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon