Sunday, July 14, 2019

JENIS JENIS SOCKET PADA PROCESSOR KOMPUTER INTEL DAN AMD

Socket Processor
Socket Processor

JENIS JENIS SOCKET PADA PROCESSOR KOMPUTER INTEL DAN AMD

Hai Sobat Ladangtekno,

Socket merupakan penghubung antara sebuah alat dengan yang alat yang lainnya, misalnya antara Processor dan Motherboard. setaip processor biasanya memiliki socket yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. tergantung perusahaan yang mengeluarkan processor tersebut. Bah sebuah perusahaan seperti Intel dan AMD saja sudah mengeluarkan banyak sekali jenis socket untuk processor mereka. Memang selain AMD dan Intel ada banyak jenis processor lain yang ada di dunia ini terutama processor desktop dan pc yang kita bahas kali ini. Tapi karena kedua merk ini yang paling banyak dipakai di dunia ini, berikut inilah Socket yang dipakai Processor AMD dan INTEL

SOCKET AMD
462
Tahun 2000 AMD mengeluarkan socket dengan nomor seri 462 atau yang bisa disebut dengan nama Socket A. Socket ini menggunakan pin konektor sebanyak 462 pin. socket ini dapat digunakan untuk processor Athlon XP, Duron dan Sempron. Socket ini keluar bersamaan dengan socket dari produk pesaing mereka yaitu Intel 423. keunggulan dari socket AMD ini adalah daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan milik Intel, itu terbukti dari socket ini dapat bertahan selama 5 generasi

754
AMD mengeluarkan socket 754 untuk menggantikan socket 462. socket ini dikenal dengan nama Hammer atau K8. socket ini hadir dikhususkan untuk processor kelas rendah. adapaun beberpa processor yang pernah menggunakan socket ini adalah Athlon 64 dan Sempron K8. sebenarnya  semua processor jenis k8 sudah pernah menggunakan jenis processor ini

939
Merupakan seri yang mendampingi seri 754. seri ini digunakan untuk processor untuk kelas menengah hingga kelas atas. Teknologi yang ditanamkan pada socket ini lebih unggul dibandingkan dengan socket 754.  Socket ini sudah mendukung penggunaan Memory DDR2. Processor ini digunakan pada seri Athlon 64 Venice dan yang lebih baru, Athlon X2, Athlon FX, dan Optron serta masih banyak lagi processor lainnaya. socket ini dijual dengan harga yang tergolong mahal sehingga socket ini hanya sedikit yang terjaul.

AM2
Socket ini diciptakan untuk mendapatkan socket yang dapat digunakan secara universal. Tujuan dari pembuatan socket ini adalah untuk memudahkan konsumen ketika ingin melakukan upgrade processor sehingga tidak perlu mengupgrade motherboard karena socket processor yang digunakan berbeda karena processor dapat dilepas dan pasang dengan mudah dari motherboard. Processor yang menggunakan socket ini adalah Athlon64 Orleans dan diatasnya, Athlon X2 dan diatasnya, Athlon FC dan Sempon Manila dan diatasnya.

AM3
Socket ini telah mendukung penggunaan RAM DDR3 dan Hypertransport. hingga 3200 MHz. Socket ini lahir di era processor AMD seri 8. Socket ini juga kompatibel dengan processor Phenom II, Athlon II dan Sempron. sayangnya processor yang menggunakan socket AM2 tidak bisa digunakan di socket ini akan tetapi processor yang Kompatibel dengan Socket AM3 bisa digunakan di socket AM2.

AM4
Socket ini merupakan yang terbaru dari AMD dan telah mendukung penggunaan memory DDR4. Socket ini mendukung processor seri FX dan yang lebih baru.

SOCKET INTEL
423
Socket ini memiliki pin sebanyak 423 dan digunakan pada processor Intel Pentium Generasi Pertama yang menggunakan teknologi Willmate Core. Prcessor ini hanyak dipasarkan oleh Intel selama satu tahun saja dikarenakan memiliki desain elektrik yang tidak memadai untuk beberapa clock-speed processor sehingga socket ini cenderung gampang rusak.

478
Socket ini menggunakan pin sebanyak 478. socket ini ditunjukan untuk menggantikan socket 423 yang mengalami beberapa permasalahan. socket ini digunakan untuk Intel Pentium 4 dan Celeron, socket ini menggunakan teknologi Norh Wood Core yang dirancang untuk menyaingi Processor AMD 462.

LGA 775
LGA 775 atau yang dikenal dengan nama socket T merupakan socket yang dirancang untuk penggunaan PC. Socket ini menggunakan teknologi LGA atau Land Grid Array yaitu socket ini tidak mempunyai lubang socket namun menggunakan pin yang menonjol sebanyak 775 pin. Socket ini tergolong sukses di pasar dan dapat mengalahkan pesaingya.

LGA 1156
LGA 1156 atau dikenal dengan nama Socket H merupakan pengganti dari LGA 775. 

LGA 1155
LGA 1155 merupakan pengembangan dari socket LGA 1156 atau dikenal dengan nama H2. Socket ini kompatibel dengan processor Intel yang menggunakan kode Sandy Bridge dan Ivy Bridge. 

LGA 1150
LGA 1150 atau dikenal dengan nama H3 merupakan socket terkini yang dikeluarkan oleh Intel. Socket ini mendukung seri Haswell dan Broadwell.


sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi. silahkan comement dibawah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

tags:
ladangtekno
socketprocessor
amd
intel


EmoticonEmoticon