Wednesday, November 11, 2020

16 MySQL - Having dan Where

logo mysql




Having dan Where

Having dan where merupakan perintah yang sama-sama digunakan untuk mengelompokan data berdasarkan kondisi tertentu. Perbedaan dari having dan where adalah sebagai berikut.


1)    Having

Having merupakan perintah yang dapat digunakan untuk mengelompokan data sesuai dengan kondisi tertentu. Having hanya bisa digunakan setelah adanya perintah group by. Having dapat menerima perintah aggregation.


SELECT pelanggan.`id_pelanggan`, pelanggan.`nama_pelanggan`
FROM pelanggan
GROUP BY id_pelanggan
HAVING id_pelanggan > 12;

 

Kode Program Having merupakan sintak yang digunakan untuk mengelompokan data berdasarkan id_pelanggan dimana data yang memiliki id_pelanggan lebih dari 12 yang akan ditampilkan.

 

Having
Having
 

Gambar  Having merupakan tampilan Kode Program Having yang sudah dijalankan. Gambar tersebut memeperlihatkan lima baris data yang dimana memiliki id_pelanggan lebih dari 12


Baca Juga: MySQL - Union

 

2)    Where

Where merupakan perintah yang sama seperti having yang digunakan untuk melakukan pengondisian data yang akan ditampilkan. Where digunakan tanpa menggunakan perintah Group By, where tidak dapat menerima perintah aggregration.


SELECT pelanggan.`id_pelanggan`, pelanggan.`nama_pelanggan`
FROM pelanggan
WHERE jenis_kelamin='laki-laki';

 

Kode Program Where merupakan perintah where  yang digunakan untuk menampilkan id_pelanggan dan nama_pelanggan dari tabel pelanggan yang dikondisikan oleh jenis_kelamin='laki-laki'.

 

Where
Where
 

Kode Program Where merupakan tampilan Kode Program Where yang telah dijalankan. Gambar tersebut memperlihatkan data id_pelanggan dan nama_pelanggan yang memiliki jenis_kelamin laki-laki.
 

 

 

This Is The Newest Post

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon