Thursday, August 8, 2019

TRICKBOT: ANCAMAN UNTUK WINDOWS 10

TRICKBOT: ANCAMAN UNTUK WINDOWS 10

TRICKBOT: ANCAMAN UNTUK WINDOWS 10


Hai Sobat Ladangtekno

Banyak yang bilang jika Windows 10 tidak memerlukan antivirus lagi dikarena sudah ada Windows Defender yang ampuh untuk menanggulangi ancaman virus. Anggapan itu memang tidak salah jika laptop sobat digunakan untuk keperluan normal tanpa ada menginstall dan mendownload file aneh serta tidak menginstall aplikasi dari sumber yang tidak diketahui.

Bagi sobat yang senang mencoba-coba aplikasi dan sering menginstall aplikasi dari sumber yang tidak diketahui, Antivirus tambahan merupakan hal wajib untuk diinstall di Windows 10. Saat ini telah ditemukan sebuah Trojan yang bernama Trickbot dimana Trojan ini mampu menonaktifkan Windows Defender di Windows 10. Trickbot ini diketahui pertamakali pada tahun 2016, namun sekarang Trackbot sudah berkembang dan menjadi semakin berbahaya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari majalah Forbes, Sudah ada sekitar 250 juta komputer di dunia yang terinfeksi oleh Trojan ini. Penyebaran Trackbot dilakukan melalui email yang didalamnya berisikan file yang memiliki tampilan serupa Word dan Excel. Ketika sobat melakukan akses terhadap file tersebut maka sobat akan diperintahkan untuk melakukan update pada browser dan jika sobat melakukan hal tersebut maka Trojan ini akan berhasil masuk ke dalam PC sobat.

TRICKBOT: ANCAMAN UNTUK WINDOWS 10
cara kerja trickbot

Jika sobat tidak menggunakan Antivirus selain Defender pada komputer ketika mengkases file yang Trickbot tersebut maka secara singkat Trojan tersebut dapat mematikan Layanan Windows Defender. Trojan ini dapat menghapus file Service Windows Defender di PC sobat, sehingga dapat menyebabkan semua layanan Windows Defender menjadi terhenti. Selain itu Trojan ini juga mampu menambahkan Policy dan mematikan notifikasi pada Windows Defender.

Virus ini bisa masuk ke dalam PC kita tentu juga atas seingin kita, jadi berhati-hatilah ketika mendapatkan email yang berasal dari kontak tidak jelas, jangan asal percaya dengan email yang berisikan penawaran yang menggiurkan dari kontak perusahaan yang tidak diketahui, sobat bisa mencari tahu lebih dahulu mengenai alat email tersebut demi keamanan komputer sobat.

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon