Thursday, July 4, 2019

ENAM PRINSIP NORMAN DALAM MEMBUAT DESAIN

prinsip norman
prinsip norman

 

ENAM PRINSIP NORMAN DALAM MEMBUAT DESAIN

Hai sobat ladangtekno

kali ini mimin membagikan mengenai prinsip dalam design yaitu prinsip NORMAN, atau yang dikenal dengan enam prinsip Norman dalam membuat sebuah design, langsung saja tanpa basa-basi beriktu adalah penejelasan mengenai prinsip-prinsip norman tersebut

  • Affordances
Melihat suatu objek berdasarkan fungsi atau kegunaannya. Game Jungle Land ini ini sudah memenuhi prinsip Norman ini dimana setiap tombol yang dibuat sudah sangat umum digunakan pada setiap game. Tampilan awal dari game ini adalah adanya tombol “Play” yang akan diklik oleh pengguna untuk memulai permainan. Lalu pemilihan stage yang berupa stage darat, laut maupun udara. Lalu saat permainan dimulai, mulai dari stage manapun, terdapat tombol “home” untuk kembali pada menu awal game, tombol “silang” untuk keluar dari game serta tombol “panah ke kanan” untuk menampilkan clue-clue selanjutnya dari soal yang ada.

  • Causality
Hubungan timbal balik yang diperlukan oleh system ke pengguna. Hubungan timbal balik yang biasa diberikan system ke pengguna lebih terlihat saat pemberian pesan kesalahan dari system ke pengguna. Pesan kesalahan pada game “JUNGLE LAND” ini terletak pada saat pengguna menjawab pertanyaan dengan salah. Hubungan timbal balik lainnya adalah saat system memberikan output yang sesuai dengan keinginannya, misal pada game ini segala sesuatu yang diklik oleh pengguna akan memunculkan sesuai bayangan atau harapan user. Game Jungle Land ini sudah memberikan hubungan timbal balik tersebut.

  • Visible Constraints 
Batasan secara visual kegunaan dari system yang dibuat. Game Jungle Land ini memiliki batasan-batasan tertentu, misalnya pada setiap stage yang ada pada Jungle Land disediakan hanya 5 soal untuk dimainkan, sehingga totalnya menjadi 15 soal. Di dalam game ini juga terdapat batasan dalam memberikan clue untuk menjawab soal yang disediakan dengan hanya 4 clue saja.

  • Mapping 
Memetakan objek satu dengan objek lainnya berdasarkan relasi yang dimiliki atau kesamaan yang dimiliki. Game Jungle Land memiliki bebrapa tombol di dalamnya. Pada tampilan awal terdapat tombol “play” yang terletak di tengah-tengah layar agar pengguna mudah dalam memulai permainan serta ada tombol pengaturan yang digunakan untuk mengatur suara, menampilkan nama anggota serta pertanyaan. Lalu pada tampilan selanjutnya terdapat gambar-gambar stage yang berupa pulau untuk stage darat, burung untuk stage udara serta kepiting untuk stage air. Stage-stage dilengkapi dengan tanda panah dengan merujuk pada stage-stage yang ada untuk mengarahkan pengguna untuk memilih stagenya dan mulai bermain. Setelah itu pada layar bermain, di tengah layar terdapat 4 potongan gambar hewan yang muncul satu persatu jika pengguna mengklik tombol “panah ke kanan” untuk menampilkan clue-clue. Di sebelah kiri terdapat 3 pilihan jawaban yang jika di klik salah satunya akan melanjutkan ke soal selanjutnya. Selain itu terdapat tombol “home” dan tombol “close” pada pojok kanan atas tampilan. Fungsi dari tombol “home” adalah untuk kembali ke menu awal permainan dan tombol “close” untuk keluar dari permainan.

  • Transfer Effect
Membuat design dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh pengguna. Kemampuan pengguna dalam memainkan sebuah game dapat membantu pengguna dalam memainkan game ini sehingga tidak perlu lagi adanya pembelajaran khusus yang diberikan dalam memainkan game Jungle Land ini.

  • Population Stereotypes
Membuat design dengan menyesuaikan kebudayaan atau kebiasaan populasi tertentu. Design-design yang dibuat adalah design yang sering dilihat oleh pengguna. Game Jungle Land ini bertujuan untuk mengenalkan hewan-hewan langka yang ada di Indonesia sehingga selain mengenalkan hewan-hewannya, pada clue-clue yang diberikan, terdapat asal dari hewan-hewan tersebut. Anak-anak sebagai sasaran game ini pasti akan penasaran dengan nama-nama daerah tersebut sehingga mereka terbiasa dengan game yang jenisnya sama dengan game Jungle Land ini.


Nah, sekarang sobat sudah tau kan apa yang dimaksud dengan prinsip norman,
sekian dulu postingan mimin kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi
Terimakasih  
tags:
ladangtekno
seputartekno
prinsipnorman

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon