Sejarah POS Indonesia


sejarah pos indonesia
logo Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah salah satu BUMN Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. pos modern muncul id indonesia sejah tahun 1602 saat VOC mngeasai nusantara.  kantors pos pertama di Indonesia didirikan oleh Gubernur Jendral G. W. Baron Van Imhoff pada tanggal 20 agustus  1746.

sejarah pos Indonesia
G. W. Baron Van Imhoof


Pada era kepemimpinan Gubernur Jendral Daendles di VOC membuat sebuah kemajuan di dalam pelayanan pos di nusantara, yaitu berupa pembuatan jalan yang terbentang dari anyer sampai penarukan , jalan sepanjang 100 km ini sangat membantu dalam penyaluran pos antar kosa di pulai Jawa.

Herman Willem Daendels

dengan adanya pembangunan jalan ini perjalan antar provinsi Jawa Barat samapai Jawa Timur yang awalnya bisa menghabiskan waktu berminggu minggu setelah dibangunnya jalan itu bisa ditempuh dalam waktu kurang dari seminggu. Perkembangan teknologi telepon da telegraf yang masuk ke Indonesia mengubah sistem pelayanan pos di Indonesia. tahun 1906 pos Indonesia akhirnya berubah menjadi jawatan ppso , telepon dan telegraf (PTT)

layanan pos yang awalnya berpusat di Welrevender (Gambir) berpindah ke Dinas Pekerjaan Umum atau Burgerlijke Openbare Werker (BOW) di bandung tahun 1923. pada saat kedudukan jepang di Indonesia jawatan PTT dikuasai Oleh militer jepang, Angkatan Muda PTT mengambil aluh kekuasaan jawatan PTT tersebut dan kemudian secara resmi berubah menjadi Jawatan PTT Republik Indonesia yang terjadi pada tahun 27 september 1945. Pada tahun 1961 pos Indonesia resmi menjadi perusahaan perusahaan negara. dengan dikeluarkannnya Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun !995, Perum Pos dan Giro Berubah Menjadi PT. Pos Indonesia (Persero), yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan bagi PT. Pos Indonesia dalam melayani masyarakat.


Logo Pos Indonesia tahun ke tahun

sejarah pos Indonesia
Logo PN postel (1956 - 1965)

sejarah pos Indonesia
Logo Perum Pos dan Giro (1965 - 1995)


sejarah pos Indonesia
Logo Pos Indonesia (1995 - sekarang)

Ok sekian dulu positngan saya untuk hari ini, semoga postingan saya kali ini dapat menambah pengetahuan anda... terimakasi...



sumber:
id.wikipedia.org




Tags:
Ladangtekno


komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon