13 MySQL - Query Aggregation (COUNT, SUM, AVERAGE, MAX, MIN, GROUP_CONCAT) | Beserta Contohnya

 logo mysql

 

Query aggregation atau fungsi agregat adalah fungsi yang menerima koleksi nilai dan mengembalikan nilai tunggal sebagai hasilnya. Berikut ini adalah bagian dari  Query Aggregation beserta dengan contohnya

a.    SUM

SUM merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan penjumlahan disuata data, seperti harga, stok, dan jumlah pembeli. 


Perintah SUM dapat dijalankan dengan menggunakan sintak SELECT SUM([nama_kolom]) FROM [nama_tabel] WHERE [kondisi];. SUM juga dapat dijalankan tanpa menggunakan kondisi(Where).


SELECT SUM(harga) FROM barang 
WHERE jenis_barang='elektronik';


Kode Program SUM merupakan sintak yang dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan terhadap harga yang terdapat di tabel barang ketika kolom jenis_barang berisikan data elektronik.
 

SUM
SUM

Gambar SUM  merupakan tampilan setelah Kode Program SUM dijalankan. Data yang dijumlahkan dalam tabel tersebut adalah data yang memiliki jenis_barang elektronik.


Baca Juga: Refrential Integrity Constraint


b.    COUNT

COUNT adalah perintah yang digunakan untuk menghitung banyaknya baris data yang ada dalam sebuah kolom. Jika data pada kolom nama terdapat lima nilai maka ketika meggunakan perintah COUNT ini akan muncul hasil 5. 

 

SELECT COUNT(id_barang) FROM transaksi WHERE id_barang = 11;


Kode Prorgram COUNT merupakan sintak yang digunakan untuk menghitung jumlah baris pada kolom id_barang, yang berada di tabel transaksi. Jumlah baris yang akan dihitung adalah baris yang memiliki id_barang = 11.


COUNT
COUNT

Gambar COUNT merupakan tampialn dari Kode Program COUNT yang sudah dijalankan. Data yang diperoleh oleh sintak pada Kode Program COUNT adalah 12.



c.    AVERAGE

AVERAGE merupakan perintah yang digunakan untuk mencari rataan dari sebuah kolom yang sudah diseleksi. Perintah AVERAGE dapat dijalankan dengan sintak SELECT AVG([nama_kolom]) FROM [nama_tabel] WHERE [nama_tabel];.

SELECT AVG(stok) FROM barang WHERE stok < 50;

 

Kode Program AVERAGE merupakan sintak yang digunakan untuk menghitung nialai rataan dari stok_barang  dengan kondisi stok melebihi 50.
 

AVERAGE
AVERAGE

Gambar AVERAGE merupakan tampilan setelah Kode Program AVERAGE yang sudah dijalankan. Data hasil yang muncul adalah 18,1667 yang merupakan rataan dari stok yang ada.

 

Baca Juga: Tabel yang Ada di MySQL

 

d.    MAX

MAX merupakan perintah yang digunakan untuk mencari nilai maksimal atau nilai tertinggi yang terdapat dalam data pada sebuah kolom tabel 

 

SELECT MAX(harga) FROM barang;

 

Kode Program MAX merupakan sintak yang digunakan untuk mencari harga tertinggi dari data yang ada di kolom tabel harga.
 

MAX
MAX

Gambar MAX merupakan tampilan Kode Program MAX yang telah dijalankan. Data yang muncul pada hasi run dari Kode Program MAX adalah nilai tertinggi dari harga barang.



e.    MIN

MIN merupakan perintah yang digunakan untuk mencari nilai minimal atau nilai terkecil yang terdapat dalam data pada sebuah kolom tabel. 

 

SELECT MIN(harga) FROM barang;


Kode Program MIN merupakan sintak yang digunakan untuk mencari harga terendeah dari data yang ada di kolom  harga.
 

MIN
MIN

Gambar MIN  merupakan tampilan Kode Program MIN yang telah dijalankan. Data yang muncul pada hasi run dari Kode Program MIN adalah nilai terendah dari harga barang.



f.    GROUP_CONCAT

GROUP_CONCAT merupakan perintah yang digunakan untuk menggabungkan data yang berada dalam satu baris kolom.

SELECT GROUP_CONCAT(nama_pelanggan ) FROM pelanggan
WHERE id_pelanggan < 13;

 

Kode Program GROUP_CONCAT merupakan sintak yang digunakan untuk menggabungkan nama_pelanggan dari tabel_pelanggan dimana dengin kondisi id_pelanggan kurang dari 13.

Group Concat
Group Concat


Gambar GROUP_CONCAT merupakan tampilan Kode Program GROUP_CONCAT yang telah dijalankan. Data yang muncul pada hasi run dari Kode Program GROUP_CONCAT adalah nama_pelanggan yang memiliki id_pelanggann kurang dari 13, penampilan data tidak berupa kolom-kolom melainkan dijadikan satu kolom.
 


 

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon